Loading

wait a moment

Paket Internet Satelit VSAT Murah (VSAT Ku-Band)

Internet Satelit VSAT Ku-Band Primadona Net

 

Pengertian VSAT Ku-Band

Pita frekuensi Ku (Inggris : Ku-Band) adalah kelas pertama dari K-Band. Ku-Band adalah bagian dari spektrum elektromagnetik dengan jarak frekuensi dalam gelombang mikro mencapai 11,7 hingga 12,7 GHz ( frekuensi downlink) dan 14 hingga 14,5 GHz (frekuensi uplink).

Ku-Band banyak digunakan pada satelit komunikasi khususnya untuk penerbitan dan penyiaran televisi atau Direct Broadcast Television. Ku-Band juga digunakan untuk sinyal telepon dan layanan komunikasi bisnis. Dan dalam perkembangannya Ku Band juga digunakan untuk akses internet melalui media satelit dengan memanfaatkan antena berukuran kecil yang lebih dikenal dengan istilah VSAT (Very Small Aperture Terminal). Dan pemanfaatan Ku-Band untuk akses internet satelit ini yang saat ini juga dikembangkan oleh provider-provider di Jaringan PRIMADONA Net.

Kelebihan VSAT Ku-Band

Sistem VSAT Ku-Band memiliki beberapa kelebihan dibanding frekuensi lain. Salah satu kelebihan tersebut yaitu VSAT Ku-Band memiliki energi yang lebih besar untuk mencegah campur aduknya dengan sistem microwave (gelombang mikro bumi) dibandingkan sistem VSAT C-Band, dan besarnya energi untuk melakukan pengiriman sinyal balik ke bumi juga dapat lebih ditingkatkan. Dengan sistem ini energi pengiriman sinyal berhubungan dengan ukuran piringan penangkap sinyal. Jadi semakin besar energinya maka ukuran piringan yang dibutuhkan untuk menangkap sinyal tersebut akan semakin kecil.

Sistem VSAT Ku-Band menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dan juga lebih terjangkau dari segi biaya karena dapat menggunakan antena dengan ukuran lebih kecil daripada VSAT C-Band. Selain itu proses instalasi juga bisa lebih cepat dan lebih praktis dibanding dengan VSAT C-Band.

Kekurangan VSAT Ku-Band

Sistem VSAT Ku-Band cenderung rentan terhadap gangguan cuaca, terutama ketika hujan lebat sehingga kurang cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia. Badai hujan yang besar dapat mengganggu jalannya proses penerimaan dan pengiriman sinyal bagi satelit yang memakai sistem Ku-Band. Namun untuk penerimaan sinyal televisi, sinyal dapat terganggu jika curah hujan lebih dari 100 mm per jam.

Di negara yang memiliki musim salju ketika musim salju datang proses penerimaan dan pengiriman sinyal sistem Ku-Band juga mudah terganggu oleh adanya fenomena yang disebut snow fade yaitu ketika akumulasi jumlah salju secara signifikan mengubah titik fokal dari piringan. Selain itu jika dibandingkan dengan sistem VSAT C-Band, sistem VSAT Ku-Band membutuhkan lebih banyak energi untuk melakukan pengiriman sinyal.

PRIMADONA Net Support Instalasi Internet Satelit VSAT Ku-Band

Provider-provider di Jaringan PRIMADONA Net siap support pengadaan VSAT Ku-Band dengan biaya yang relatif murah untuk semua lokasi di Indonesia dari Sumatera hingga Papua (kecuali Papua yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini). Untuk layanan VSAT Ku-Band, provider-provider di Jaringan PRIMADONA Net hanya menyediakan Opsi Beli Perangkat. Sedangkan Opsi Pinjam Perangkat hanya tersedia untuk layanan VSAT C-Band.

Berikut adalah biaya-biaya yang dibutuhkan untuk pengadaan VSAT Ku-Band dari provider-provider di Jaringan PRIMADONA Net :

CATATAN :

  • VSAT Ku-Band bersifat lebih rentan terhadap perubahan cuaca dibandingkan dengan VSAT C-Band sehingga kami tidak menyarankan penggunaan VSAT Ku-Band untuk Anda yang membutuhkan koneksi internet secara intens. Jadi jika saat cuaca berubah-ubah maupun cuaca buruk resiko gangguan koneksi internet harus siap Anda terima.
  • Biaya langganan bulanan di atas belum termasuk PPN 10 %
  • Biaya-biaya di atas belum termasuk biaya pengiriman perangkat dan biaya instalasi yang besarnya tergantung dari lokasi pelanggan
  • Bandwidth yang diperoleh pelanggan bersifat Full Unlimited tanpa ada pembatasan kuota maupun Batas Pemakaian Wajar / Fair Usage Policy (FUP)
  • Pelanggan akan memperoleh IP Dinamis bukan IP Statis
  • Instalasi akan dilakukan setelah pembayaran untuk internet 1 bulan pertama dan pembelian perangkat diterima
  • Minimal kontrak layanan selama 1 (satu) tahun
  • Biaya yang timbul akibat perijinan dan kelistrikan menjadi tanggung jawab pelanggan
  • Pengiriman dan Instalasi Estimasi 3 – 4 Minggu
  • SLA ( Service Level Aggrement) 98 %

VSAT Ku-Band lebih rentan terhadap perubahan cuaca dibandingkan dengan VSAT C-Band sehingga kami tidak menyarankan penggunaan VSAT Ku-Band untuk Anda yang membutuhkan koneksi internet secara intens. Bagi Anda yang berminat untuk berlangganan VSAT C-Band yang lebih tahan cuaca dibandingkan VSAT Ku-Band, Anda bisa lihat di Paket Internet VSAT C-Band Murah.

error: Content is protected !!